Sign Up Free
Socialwider is all about social networking, sharing with friends and millions of people.

RPP dan Silabus SMP Kelas VII, VIII dan IX KTSP

hepatitis+virus.jpg
Pada postingan kesempatan ini, blog Memuatkan Pendidikan bakal share menyerempet RPP dan Silabus untuk Sekolah Merentangi Pertama (SMP) atau Pondok pesantren pendidikan Lanjutan Unit Pertama (SLTP) kurikulum tingkat satuan tuntunan (KTSP) yang bisa sahabat-sahabat Membumikan Tuntunan download.

Download RPP dan Silabus SMA Kurikulum 2013 Sebelum-sebelumnya, blog Menginvestasikan Pendidikan telah share hal RPP & Silabus atas mulai RPP dan Program studi SD (disini), RPP dan Silabus SMP (disini) dan RPP & Silabus SMA (disini). Akan tetapi semua RPP dan Kurikulum tersebut berplatform Kurikulum 2013.

Beredarnya sirkuler dari Mendikbud mengenai pemberlakuan kurikulum 2013 dan kurikulum tingkat satuan pendidikan atau yang dikenal dengan KTSP (sahabat-sahabat bisa download tembusan edarannya: disini) membuat segala komponen pendidikan merasa panik, bahkan terselip yang memihak dan tidak sedikit pun yang oposisi. Alasannya beraneka ragam macam, untuk yang membela kurikulum 2013 beralasan telah keluar besar miliaran kenapa tidak dipertahankan dsb. Sedangkan bagi yang merasa terbebani dengan kurikulum 2013 berargumentasi dari start tidak optimalnya implementasi kurikulum 2013, bahan ajar yang datang terpenggal, sampai dalam pembuatan alat pembelajaran (baca: RPP & Silabus) yang dirasa sangat-sangat memberatkan untuk pendidik atau guru.

Apalagi dari padang wali murid pun bukan kalah panasnya, "anak maktab jaman sekarang ada-ada selalu tugasnya, terselip yang suruhan bawa sayur-sayuran dan unik sebagainya. Ini mau pondok pesantren pendidikan apa mau jualan di pasar". Aku di sini tidak berarti kontra dengan kurikulum 2013, namun demikian kami ngerasa ketika ingin menerapkan kurikulum yang sangat-sangat bagus (") tersebut perlu sosialisasi & suntikan-suntikan yang sangat-sangat mendetail, bukan terus-menerus kepada pemimpin saja, sedangkan wali murid juga harusnya diajak.

Sesuatu seperti pada atas harusnya menjadi kepandaian bagi stakeholder atau penyelenggara kebijakan semoga selalu mawas diri sebelum bertindak. Oleh sebab itu panjang.... Ok langsung pula di kolong ini Blog Membumikan Tuntunan akan share tentang RPP dan Program studi SMP mutu VII, VIII, dan IX KTSP. Pada share RPP dan Kurikulum ini, terjumpa pula SK dan KD, Pemetaan SK, Program Semester (Promes), Program Tahunan (Prota), dan KKM tentunya RPP dan Silabusnya juga tidak ketinggalan. Berikut di kolong ini sahabat-sahabat linknya. Untuk cara unduh file-nya dapat baca.
Captcha Challenge
Reload Image
Type in the verification code above
TOP